TOPIK
: KEMANDIRIAN ANAK
·
Proses Perkembangan Kemandirian
Kemandirian
seperti halnya kondisi psikologi yang lain, dapat berkembang dengan baik jika diberikan kesempatan untuk berkembang
melalui latiha yang dilakukan secara terus menerus dan dilakukan sejak dini.
Latihan tersebut dapat berupa pemberian tugas-tugas tersebut disesuaikan dengan
usia dan kemampuan anak.
Mengingat
kemandiria akan banyak memberikan dampak yang
positif bagi perkembangan individu, maka sebaiknya kemandirian diajarkan
pada anak sedini mungkin sesuai kemampuannya. Seperti telah diakui segala
sesuatu yang dapat diusahakan sejak dini akan dapat dihayati dan akan semakin
berkembang menuju kesempurnaan.
Latihan
kemandirian yang diberikan kepada anak yang disesuaikan dengan usia anak.
Contoh: Untuk anak-anak usia 3-4 tahun, latihan kemandirian dapat berupa
membiarkan anak memasang kaos kaki dan sepatu sendiri, membereskan mainan
setiap kali slesai main.
·
Peran Lingkungan
Setiap
anak berkembang melalui berbagai tahapan, kebebasan dan kemampuan yang
diperoleh dalam setiap perkembangan akan mendorongnya terus untuk melanjutkan
perkembangan kea rah yang lebih mandiri. Contohnya : Ketika anak mulai berjalan
maka ia asik menikmati kebebasan dalam gerak dan mulai menyerang serta
melakukan apa saja yang ada disekitarnya.
Saat
memasukpi usia tiga tahun mulai terasa berapa kerasnya kemauan anak untuk
memperoleh apa yang diinginkan. Sang anakpun mulai menentang apa saja yang
menghalangi keinginannya. Kegiatannya belum bertujuan untuk memperoleh pengalaman
bagi dirinya dan belum mengerti akibat dari perbuatannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar