Senin, 08 April 2013

PSIKOLOGI ANAK



TOPIK : KEMANDIRIAN ANAK
·         Proses Perkembangan Kemandirian
Kemandirian seperti halnya kondisi psikologi yang lain, dapat berkembang dengan baik  jika diberikan kesempatan untuk berkembang melalui latiha yang dilakukan secara terus menerus dan dilakukan sejak dini. Latihan tersebut dapat berupa pemberian tugas-tugas tersebut disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.
Mengingat kemandiria akan banyak memberikan dampak yang  positif bagi perkembangan individu, maka sebaiknya kemandirian diajarkan pada anak sedini mungkin sesuai kemampuannya. Seperti telah diakui segala sesuatu yang dapat diusahakan sejak dini akan dapat dihayati dan akan semakin berkembang menuju kesempurnaan.
Latihan kemandirian yang diberikan kepada anak yang disesuaikan dengan usia anak. Contoh: Untuk anak-anak usia 3-4 tahun, latihan kemandirian dapat berupa membiarkan anak memasang kaos kaki dan sepatu sendiri, membereskan mainan setiap kali slesai main.
·         Peran Lingkungan
Setiap anak berkembang melalui berbagai tahapan, kebebasan dan kemampuan yang diperoleh dalam setiap perkembangan akan mendorongnya terus untuk melanjutkan perkembangan kea rah yang lebih mandiri. Contohnya : Ketika anak mulai berjalan maka ia asik menikmati kebebasan dalam gerak dan mulai menyerang serta melakukan apa saja yang ada disekitarnya.
Saat memasukpi usia tiga tahun mulai terasa berapa kerasnya kemauan anak untuk memperoleh apa yang diinginkan. Sang anakpun mulai menentang apa saja yang menghalangi keinginannya. Kegiatannya belum bertujuan untuk memperoleh pengalaman bagi dirinya dan belum mengerti akibat dari perbuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar